duniakarya

Home » 4.Instrumentasi » Dasar Instrumentasi Industri

Dasar Instrumentasi Industri


Dalam bidang industri, pengetahuan dasar instrumentasi sangat penting terutama untuk proses pengukuran dan pengendalian / kontrol. Di dalam suatu industri kimia, misalnya, bermacam-macam reaksi kimia harus diukur dan dikendalikan baik suhu, volume campuran bahan, tekanan, derajad keasaman, dan lain-lainnya. Sementara pada industri baja dan logam, suhu yang tinggi harus diukur secara tepat dengan menggunakan alat pengukur elektronik untuk bisa mengendalikan pengepresan logam pada ketebalan yang diinginkan. Pada umumnya, peralatan pengukuran atau alat pengukur secara elektronik ini merupakan bagian dasar instrumentasi yang dipakai pada hampir semua bidang industri.

Bidang instrumentasi ini, tidak hanya diaplikasikan untuk industri kimia dan industri baja semata, tetapi diperlukan juga untuk pabrik mobil, pabrik gula, pabrik kertas, pabrik pemrosesan makanan, untuk instrumentasi kedokteran, dan untuk pabrik pembuatan alat-alat elektronik itu sendiri (seperti pabrik pembuatan telepon genggam, pabrik pembuatan chip/ sirkuit terpadu, pabrik pembuatan komputer, dsb). Bentuk variable fisis (fisika) dan kimia yang dipakai untuk dasar kendali dalam bidang instrumentasi ini meliputi:

* suhu / temperatur
* tekanan
* kecepatan aliran
* ketinggian cairan / level
* konduktifitas
* kepadatan benda dan kekentalan (viskositas).
* dll.


2 Comments

  1. cefer says:

    yupz, skr applikasi Instrumentasi dalam setiap bidang industri memang tidak terbatas hanya di Indsutri kimia ataupun baja, akan tetapi perminyakan serta bidang2 Industri yang lain..🙂

  2. danis says:

    mau nanya,, klo misalnya linierisasi berartikan kita ambil contoh antara flow dan pressure.. misalnya flow itu nonlinier dan pressure linier baru harus dilinierisasi..
    lah klo misalnya kedua2nya sudah linier berarti gk usah dilinierisasi. apa benar seperti itu??
    teruz apa flow itu sebenarnya non linier terhadap tekanan??
    terimakasih,, klo bisa tolong dibales di emailku ya
    powel_red@yahoo.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: