duniakarya

Home » 1.Programable Logic Controller (PLC) » Allen Bradley » Perbedaan Controller Tag dengan Program Tag RSLogix 5000

Perbedaan Controller Tag dengan Program Tag RSLogix 5000


Bagi anda yang sudah berpengalaman sebagai programmer PLC Allen Bradley Logix 5000 tentunya sudah sangat familiar dengan topik ini.Namun bagi yang baru belajar, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat. Minimal bisa menjawab pertanyaan apa bedanya controller tag dengan program tag saat wawancara kerja. Bagi yang belum tahu dan malu bertanya biasanya akan menyimpan pertanyaan ini dalam otaknya saja dan kalau ada yang bertanya padanya jawabannya “coba cari di google, disitu banyak penjelasannya”.

Sebagai seorang teknisi/engineer kita harus selalu belajar karena belajar tidak ada batasan waktu dan tempat. Berlagak sok tahu akan menghambat proses belajar kita. Di era saat ini proses belajar menjadi lebih mudah dengan berkembangnya teknologi informasi. Kita bisa mencari informasi apapun dari internet. Selain itu lebih banyak diskusi dengan rekan kerja maupun ikut di forum-forum profesional akan sangat membantu kita untuk menambah pengetahuan. Jadi jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang telah kita miliki. Terus belajar dan terus belajar, itu kata kuncinya supaya kita lebih bernilai dan bermanfaat.

Kembali ke topik, ketika kita membuat sebuah tagname baru di RSLogix 5000 salah satu parameter yang harus di definisikan adalah scope. Kita dapat memilih scope sebagai controller tag (global data) atau sebagai program tag (local data). Data / tag pada program scope tidak dapat diakses oleh program yang lain. Namun demikian kita dapat menggunakan tagname yang sama untuk beberapa program tanpa ada interferensi. Jadi kesimpulannya, controller tag bisa di akses oleh semua program sedangkan program tag hanya bisa diakses oleh program dimana tag tersebut dibuat.

Untuk lebih memperjelas anda bisa melihat gambar dibawah :

Sekian dulu penjelasan singkat ini, semoga bermanfaat.


2 Comments

  1. farchan says:

    terimakasih sharingnya mass..
    kira2 untuk tag yang akan konek ke HMI (semisal FTView) apakah harus menggunakan controller tag atau FTView bisa mengambil tag dari program tag?
    terimakasih

    • Nurul Fahron says:

      sugeng rawuh mas farchan.
      bisa mas program tag connect ke HMI, saya yang pernah buat itu di wonderware, cuma format addressing di item name nya saja yg sedikit beda antara klo pake controller tag sama program tagklo FTView blm pernah coba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: