duniakarya

Home » 1.Programable Logic Controller (PLC) » Allen Bradley » Tips dalam melakukan temporary bypass ladder logic

Tips dalam melakukan temporary bypass ladder logic


Sebagai orang maintenance kadang kita menghadapi situasi dimana sebuah mesin tidak boleh shutdown sedangkan kita harus melakukan maintenance pada peralatan yang dapat mengakibatkan mesin tersebut shutdown jika alat tersebut kita lepas. Jika kita menghadapi situasi seperti ini sebaiknya kita cek dulu apakah logicnya merupakan voter logic 2oo3 (2 out of 3) atau tidak. Jika logicnya 2oo3 maka kita tidak perlu melakukan bypass, namun jika tidak maka kita perlu melakukan bypass terlebih dahulu sebelum melakukan maintenance.

Untuk melakukan temporary bypass ada beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda. Contoh yang saya buat ini menggunakan RSLogix 5000. Berikut beberapa tips dalam melakukan temporary bypass ladder logic :

1. Gunakan bit khusus untuk temporary bypass ON, hindari penggunan blank branch. Keuntungan jika kita menggunakan bit khusus untuk temporary bypass (misal: zz_temporary_bypass_on) adalah bit tersebut bisa kita searching/cross reference jika kita lupa lokasi logic yang kita bypass, sedangkan blank branch tidak bisa kita searching/cross reference sehingga menylitkan jika kita lupa lokasi logicnya.

2. Gunakan bit khusus untuk temporary bypass OFF, hindari penggunan intruksi AFI (always false instruction). Keuntungan jika kita menggunakan bit khusus untuk temporary bypass (misal: zz_temporary_bypass_off) adalah bit tersebut bisa kita searching/cross reference jika kita lupa lokasi logic yang kita bypass, sedangkan intruksi AFI tidak bisa kita searching/cross reference sehingga menylitkan jika kita lupa lokasi logicnya. Intruksi AFI bisa anda gunakan untuk permanen bypass.

3. Pastikan bit temporary bypass on selalu pada kondisi on dan temporary bypass off selalu pada kondisi off. Anda bisa menggunakan intruksi latch untuk membuat bit temporary bypass on selalu on dan menggunakan instruksi unlatch untuk membuat bit temporary bypass off selalu dalam kondisi off.

Temporary bypass

4. Buat tag yang mudah untuk dicari di controller/program tag. Gunakan inisial yang memungkinkan tag tersebut berasa di list paling atas atau paling bawah di controller tag. Misalnya anda bisa menggunakan inisial zz_tagname. penggunaan inisial zz akan memudahkan kita untuk mencari tag tersebut karena akan berada pada list paling bawah di controller tag.

Temporary bypass tag

Demikain sedikit tips dari saya, semoga bisa membantu. Mohon koreksinya jika ada yang salah untuk posting pertama di tahun 2013 ini. Happy new year 2013


1 Comment

  1. made says:

    Rungnya kita hidden bisa gak pak ( di cross reperence juga gak bisa)
    Makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: