duniakarya

Home » 1.Programable Logic Controller (PLC) » Allen Bradley » 1 Menit Lebih Dekat dengan PLC Allen Bradley

1 Menit Lebih Dekat dengan PLC Allen Bradley


Sebelumnya saya perlu menjelaskan bahwa artikel ini bukan dimaksudkan untuk mempromosikan produk PLC tertentu tetapi hanya sekedar memberikan pengenalan pada teman-teman terutama yang masih pemula tentang salah satu merek PLC yang banyak dipakai diindustri. PLC Allen Bradley sendiri  banyak dipakai diindustri baik di industry migas, petrochemical, food and beverages dll. Dan tentunya bersaing dengan merek PLC lainnya seperti Siemens, Schneider, Omron dll. Artikel ini merupakan penjelasan dari artikel saya sebelumnya tentang merek dan tipe PLC.

Sebelum kita mendalami tentang programming PLC Allen Bradley ada baiknya kita mengenal berbagai tipe dari PLC Allen Bradley. PLC Allen Bradley merupakan produk dari Rockwell Automation. Secara garis besar PLC Allen Bradley dibagi menjadi 3 family yaitu : Family Logix 5, Logix 500, dan Logix 5000.

1. Family Logix 5

PLC yang masuk family ini adalah PLC 5 dengan varian tipe PLC 5/20, PLC 5/30, PLC 5/40 dll. Masing-masing varian tipe mempunyai perbedaan kapasitas memory, port komunikasi serta fitur-fitur tententu. Detail catalog masing-masing tipe bisa anda lihat di website Rockwell automation. PLC tipe ini termasuk tipe lama dan sebagian partnya sudah obsolete atau tidak diproduksi lagi.

Software Programming yang digunakan untuk PLC tipe ini adalah RSLogix 5.

2. Family Logix 500

PLC yang masuk family ini adalah Micrologix dan SLC-500. Untuk micrologix ada beberapa tipe antara lain Micrologix 1000, 1100, 1200 dan 1500. Sedangkan untuk SLC-500 ada beberapa varian tipe antara lain SLC 5/03, SLC 5/04, SLC 5/05. Seperti halnya dengan family Logix 5, masing-masing varian tipe mempunyai perbedaan kapasitas memory, port komunikasi serta fitur-fitur tententu. Micrologix merupakan tipe Micro PLC yang biasanya digunakan untuk project-project kecil sedangkan untuk SLC-500 merupaka tipe medium.

Software Programming yang digunakan untuk PLC tipe ini adalah RSLogix 500. Untuk Micrologix 1000 dan 1100 bisa juga menggunakan RSLogix Micro Lite.

3. Family Logix 5000

PLC yang masuk family ini adalah Flex Logix, Compact Logix, Control Logix. Untuk Flex Logix merupakan tipe small di family ini dan sering dipakai sebagai remote I/O. Sedangkan Compact Logix merupakan tipe medium dan sering digunakan untuk project-project yang tidak terlalu besar. Sedangkan Control Logix adalah tipe tertinggi dari family ini dan sering digunakan untuk project-project yang kompleks.

Software Programming yang digunakan untuk PLC tipe ini adalah RSLogix 5000.

Memahami masing-masing tipe ini akan membantu kita untuk merancang sebuah project. Jangan sampai over spec atau malah under spec. Pemilihan sebuah tipe PLC tentunya didasarkan akan kebutuhan dan juga budget yang ada.

Oh ya, sebagai tambahan, untuk bisa berkomunikasi dengan PLC kita memerlukan software tambahan yang berfungsi sebagai protocol yaitu RSLinx. Jadi RSLinx ini wajib diinstal jika kita ingin terhubung dengan PLC.

Untuk memudahkan pemahaman anda bisa melihat table berikut :  

Jenis  Type PLC Software Programming Gambar
Logix-5 Family PLC-5 RSLogix 5  
Logix-500 Family SLC-500 RSLogix 500  
Micrologix RSLogix 500, RSLogix Micro Lite  
Logix-5000 Family Control Logix RSLogix 5000  
Compact Logix  
Flex Logix  

Demikan dulu penjelasan singkat saya semoga cukup membantu. Artikel tentang programmingnya bisa anda lihat disini.

Sekali lagi, artikel ini bukan dimaksudkan untuk mempromosikan produk tertentu namun hanya sekedar memberikan gambaran awal untuk memudahkan teman-teman yang baru belajar PLC Allen Bradley. Dengan mengenal tipe PLC serta softwarenya, harapannya anda tidak salah dalam memilih program misalnya menggunakan Program RSLogix 5 untuk memprogram PLC Controllogix. Atau jika ada pertanyaan seputar hal ini saat interview kerja, minimal bisa jawab dikit-dikit lah…😀


1 Comment

  1. Nugroho Budi says:

    Assalamualaikum mas Nurul Fahron,

    Terima kasih dengan informasi PLC AB ini, type-type tersebut sudah sangat sering kita dengar atau bahkan sudah sangat familiar penggunannya namun sebetulnya AB juga mengeluarkan beberapa family yang lain yang belum banyak didengar khususnya PLC Safety SIL certified seperti AAdvance dll. mungkin bisa ditambahkan pengetahuan mengenai safety PLC yang di produksi atau licensed by AB.

    Demikian masukan dari saya, saya juga membuat blog abal-abal tempat cari reference Automation atau control manuals kalau gak keberatan bisa mampir di website saya http://controlmanuals.com

    Wassalamualaikum
    Nugroho Budi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: