duniakarya

Home » 4.Instrumentasi » Dokumentasi Training Control Valve “VALTEK”

Dokumentasi Training Control Valve “VALTEK”


Kali ini saya tidak akan berbagi ilmu tentang PLC maupun DCS. Hanya berbagi pengalaman saat Training control valve yang disampaikan oleh team dari vendor.
Dusclaimer : bukan promosi brand tertentu, kami hanya sekedar berbagi pengalaman saja.

Bagi saya yang lebih banyak pengalaman dibidang control sistem daripada field instrument training ini sangat berguna karena tidak hanya sebatas teori namun berkesempatan untuk praktik overhaul control valve serta cara kalibrasi nya.
Secara umum kami belajar dan praktik overhaul actuator, overhaul valve body, dan kalibrasi positioner. Berikut beberapa foto dokumentasi training tersebut.

Training dimulai dengan class room, vendor menjelaskan teori, prinsip kerja, bagian-bagian control valve serta maintenance nya. Berhubung masih dalam kondisi pandemi, peserta harus tetap jaga jarak.
Setelah penjelasan teori selesai, dilanjutkan dengan praktik overhaul control valve. Kami sudah menyiapkan 2 unit control valve beserta spare part nya yang siap untuk di overhaul. Untuk overhaul ini, kami ganti semua soft goods (packing, soft seat, o-ring, gasket, etc). Kami juga mengganti valve plug karena kondisinya ditemukan surat scratch yang cukup parah. Setelah proses overhaul selesai selanjutnya dilakukan leak test untuk mengetahui kebocoran baik dari packingnya maupun valve bodynya. Setelah leak test selesai dan dinyatakan bagus dilanjutkan dengan kalibrasi positioner.

Sekian dulu sharing kali ini. Mohon maaf hanya bisa bagi-foto saja dan info general saja.


Leave a comment